Pengertian Bahasa Pemograman Java

Bahasa pemrograman Java dikembangkan petama kali oleh Sun Microsystem ( Saat ini Sun Microsystem telah diakusisi oleh Oracle Corporation ) yang dimulai oleh James Gosling dan dirilis pada tahun 1995.
Awal mulanya Java dibuat untuk kebutuhan platform independent yang dapat di embedded dalam bermacam-macam consumer electronic products seperti pemanggang roti dan refrigerator (kulkas). Salah satu proyek pertama yang dikembangkan menggunakan Java adalah personal hand-held remote control yang dinamakan Star 7. Pada saat yang sama, World Wide Web (WWW) dan Internet sedang mengalami masa kepopuleran. Gosling menyadari bahwa Java dapat digunakan untuk pemrograman Internet.

Java kian berkembang hingga bahasa pemrograman nomor satu saat ini. Berdasarkan sumber dari spectrum.ieee.org, Java masuk dalam 10 bahasa pemrograman paling populer di dunia dan menempati urutan pertama.

Apa alasannya??

Java memiliki beberapa fitur penting yang membuatnya unggul dibandingkan bahasa pemrograman lain :

Berorientasi Objek
Java memiliki kemampuan untuk membagi suatu program ke dalam objek-objek spesifik yang memiliki sifat dan tingkah laku khusus untuk menyelesaikan tertentu. Multiple inheritance juga tidak diijinkan dalam bahasa pemrograman java karena dinilai dapat membingungkan compiler serta merusak kinerja aplikasi secara keseluruhan.

Dinamis
Pengalokasian memori dalam java bersifat lebih dinamis. Pengalokasian dan penghapusan memori dilakukan secara otomatis tanpa harus membuat pointer terlebih dahulu.

Multiplatform
Inilah yang membuat bahasa pemrograman java sangat populer. Aplikasi berbasis java dapat dijalankan hampir di seluruh operating system yang ada saat ini seperti Windows, Unix, Linux, Solaris dll.
Bahkan seluruh aplikasi Android (mobile operating system paling populer saat ini) dibuat dengan bahasa pemrograman Java.
Jadi Java mempu membuat aplikasi desktop, web maupun mobile.

Multithreading
Aplikasi berbasis java mampu menjalankan beberapa task sekaligus dalam waktu bersamaan. Thread dalam Java memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kelebihan multi processor apabila sistem operasi yang digunakan mendukung multi processor.

Copy+of+java.jpg (215×216)

Kelebihan Java :

  • Berorientasi objek , Memudahkan untuk mendesign dan mengembangkan program dengan cepat dan teliti , sehinnga mudah digunakan . Salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek secara murni .
  • Mirip c++, Mempunyai sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman c++ . Sehingga para pengguna c++ banyak yang hijrah menggunakan Java .
  • Multiplatform, Dapat digunakan dibanyak sistem operasi .
  • Perkembangan yang luas, Dari game sampai sistem operasi handphone menggunakan program java . Misalnya Handphone Sonny Ericsson dan Opera Mini 3 yang bertipe .jar ( Java Archive ) .
  • Mempunyai pengumpulan sampah otomatis .

Kekurangan Java :

  • Proses Compile, Mengharuskan pengguna mengcompile programnya sebelum dijalankan, berbeda dengan bahasa pemrograman python yang tidak perlu mengcompile terlebih dahulu .
  • Penggunaan Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s